Halaman

Selasa, 24 Februari 2009

SEKILAS PERJALANAN SMP NEGERI 3 CEPU

SEKILAS PERJALANAN SMP NEGERI 3 CEPU
DARI SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) MENJADI
RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI)


Sudah merupakan komitmen kami untuk selalu berupaya memajukan SMP Negeri 3 Cepu menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Perjalanan panjang sejak berdiri tahun 1979 sampai dengan sekarang telah menumbuhkan kedewasaan dan pengalaman bagi sekolah ini untuk selalu tampil menjadi yang terbaik. Torehan prestasi senantiasa menunjukkan grafik kenaikan yang mengembirakan baik di bidang akademis maupun non akademis. Tidak sedikit prestasi yang telah diukir oleh siswa-siswi SMP Negeri 3 Cepu, baik ditingkat kabupaten, provinsi, bahkan di tingkat nasional, sehingga melambungkan nama baik sekolah yang home base-nya di kawasan Sitimulyo Asem Telu Cepu ini menjadi salah satu SMP favorit yang banyak diminati siswa lulusan SD/MI yang ada di Cepu dan sekitarnya.
Dengan telah terlampauinya predikat Sekolah Standar Nasional (SSN) menjadi SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dalam kurun waktu 18 bulan menunjukkan bahwa prestasi yang dicapai SMP Negeri 3 Cepu senantiasa mengalami peningkatan, sehingga dapat mengantarkan sekolah ini menjadi SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang pertama di Cepu.
Dengan terbitnya SK. Nomor: 1739/C3/DS/2008 dari Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, maka pada Tahun Pelajaran 2009/2010 SMP Negeri 3 Cepu akan mengacu pada Visi SBI yang mempunyai karakteristik ” Mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif secara internasional”.
Visi tersebut memiliki implikasi bahwa penyiapan manusia bertaraf internasional memerlukan upaya-upaya yang dilakukan secara intensif, terarah, terencana, dan sistematik agar dapat mewujudkan bangsa yang maju, sejahtera, damai, dihormati, dan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain.
Predikat yang disandang saat ini merupakan tugas berat bagi kami, namun kami akan berusaha semaksimal mungkin agar hal tersebut dapat kami laksanakan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
SDM tenaga pengajar khususnya guru mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan TIK (Teknologi Informasi Komputer) juga telah dipersiapkan secara khusus melalui kegiatan pelatihan English Conversation Course di bawah bimbingan Sdr. Sono, S.Pd., M.Pd. dari PTK AKAMIGAS STEM Cepu serta pelatihan memanfaatkan ICT (Information Computer Technology) yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran siswa.
Saat inipun pemanfaatan ICT dan fasilitas internet juga telah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 3 Cepu melalui ISP Internet Speedy yang sangat membantu siswa dalam menambah wawasan pengetahuan dari dunia luar. Sedangkan penerapan Bahasa Inggris untuk bahasa pengantar pembelajaran siswa di kelas akan dilakukan secara bertahap.
Demi perkembangan SMP Negeri 3 Cepu ke depan yang merupakan satu-satunya SMP Rintisan Bertaraf Internasional di Cepu , kami mengharapkan dukungan serta sumbangsih saran pemikiran positif yang bersifat membangun.
Kemudian atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih.


PANITIA
PPDB RSBI

7 komentar:

harirudianto mengatakan...

ass.wr.wb...
hai... halo...
aq alumni smpn 3 cepu angk.82
nama : hari rudianto,sh
alamat sekarang : mataram-lombok-ntb
alamat dulu di cepu : mbalun srikaton - jl.
aryo jipang
activity skrg : cari rizky yg halal-halal aja..
alamat e-mail : harirudianto@yahoo.co.id

comment : dr nama-2 guru yg ada dlm blog smpn-3 cepu,cuman pak hadi juritno yg msh aq kenal. aq msh inget dulu pak hadi juritno klo ngajar english selalu dg pendekatan psikologis anak. maksudnya...apa yg disukai anak-2 waktu itu selalu di-combine dlm beliau mengajar english.(pdhl qt tau sebagian besar anak gak begitu interest sama english... jujur ajalah...). ada contoh yg masih sangat melekat di kepala saya 27 th yll (kls.1), adlh waktu beliau mbahas ttg "tenses" - past perfect tense.(... kalo ga' kliru lho...) spy anak-2 gak lupa sama pelajaran beliau, lantas beliau meminta anak-2 mencatat lagunya : Eddy Peregrina yg judulnya : Since You've Been Gone.
yg lagunya kira-2 gini :
... since you've been gone..
lonely surounds me..
you find me waiting..
just in kiss you change your mind....
(...kira-kira gitu syairnya...)

Nah sampe skrg kalo denger lagu itu aq pasti trus inget sama nama & face-nya pak hadi juritno. Bayangin udah 27 th lho..gara-2 lagu itu aq gak pernah lupa sama beliau.... (nuwun sewu bapak lan nyuwun duko...lho...)

oya..aq dlu jg punya pak guru smp 3, namanya : pak mitro,pak darsono,pak kiman (dan ibu),bu elly, dll ... wah sdh lupa semua nee...

yaa.. mudah-2an beliau-2 tetep&selalu diberikan kesehatan dan kesabaran sama YME... dan aq ANGKAT TOPI & ACUNG 2 JEMPOL bwt perjuangan mereka....

bwt adik-2 sy yg skrg msh duduk di bangku smpn-3 cepu, tetep rajin belajar, raih prestasi setinggi-tingginya... buat bangga smpn-3 dg prestasimu... buat bangga bapak-ibu guru-mu... Boleh percaya atau tidak, sampe hari ini-pun saya masih tetep BANGGA karena pernah bersekolah dan menjadi alumni smpn-3 cepu. bravo smp negeri-3 cepu....!!!

salam dr Pulau Lombok-NTB
harry-angk'82

harirudianto mengatakan...

ass.wr.wb.

nama sy : hari rudianto,sh
alumni th : 1982
add skrg : mataram-lombok-ntb
add dulu : mbalun - jl. aryo jipang
aktifitas : cari rizki yg halal-halal aja..
e-mail : harirudianto@gmail.co.id
comment :
"salam bwt bp/ibu guru smpn-3 cepu.. pak hadi juritno gmn kabarnya pak... how are you to day.... di blog smpn-3 cepu bp guru yg tak kenal cuman pak hadi juritno...
pak kiman, pak darsono, bu elly... apa msh ada d sini? mudah-2 an bapak ibu guru selalu diberikan kesehatan dan kesabaran dalam membimbing adik-adik ...
Bwt adik-2... bikin bangga sekolah-mu dengan prestasi...
Sya jg BANGGA pernah mjd alumni smpn-3 cepu..
BRAVO..!!.. maju terus SMP NEGERI 3 CEPU...

regards,
Salam dari Pulau Lombok-NTB

Anonim mengatakan...

SMP Neg 3 Cepu...
(little coment from Arief Hartanto ex 3A lulus th 1980)
Ya...
Inilah sebuah SMP yg terpencil(menurut saya) namun alumnusnya banyak disegani "lawan" dr SMP-SMP yg laen, krn kualitas dr guru-2nya yg bisa diandelin...
Kalo liat foto-2 para pengajar disana saya masih ingat juga dg pak Hadi Juritno. Dulu beliau memang mengajar bahasaInggris juga pernah juga PMP (Pendidikan Moral Pancasila).
Saya juga samar-2 inget beliau ini kalo ngajar sedikit "ngelantur" dg joke-2 yg lucu sehingga materi yg diajarkan mudah diserap & diterima.
bahkan sampe ke ramalan Joyoboyo aja beliau tahu.
Bravo p Hadi, smoga sehat selalu..
Ada juga pak Siswadi si guru matematik.
Matematik itu menarik, saking menariknya saat diajar gue terbengong, materinya ssat itu Aljabar...
Eh tiba-2 disuruh maju ngerjain soal yg dibuat p.Siswadi, tapi dasarnya logic kepala gue jalan (gak nyombong nih) 100% jawawabnya benar...! Sejak itu aku gak pernah disuruh maju ke depan lagi, bahkan ditunjuk sebagai leader small group, saat perpanjangan 6 bulan akibat kebijakan Daud Yusuf.
Bravo pak Sis, jenggotnye masih ada gak?
Smoga sehat selalu...
Ada juga bu Elly
Ach malu kalo cerita disini, gue dulu banyak disetrapnya... he he...heh...
Smoga sehat selalu bu Elly...
Ada juga pengajar yg slalu 2 Sejoli....
Yach Pak Kiman & bu Parjinem...
Ada juga pak Sumitro... si guru gambar...
Dulu Kep Seknya masih pak Kamarudin...
Pokoknya kalo mengenang masa itu gue jadi senyum-2 sendiri, begitu indah & manis nostalgia itu untuk dikenang....
Kapan yach kita bisa bereuni lagi... melepas semua rindu yg ada dengan para guru juga rekan-2 semua...
Mungkinkah "SMP Neg 3 Cepu" bisa memfaslitasi event ini yg pertama? karena lulusannya sudah merambah kemana-mana...

Salam buat semua, bapak-2 & ibu-2 guru (beberapa aku dah lupa).
Smoga selalu diberi kesehatan selalu & rizki yg melimpah atas jasa-jasanya.
Terima kasih Guru...

Regards
Arief Hartanto - ariefhart@aisin-indonesia.co.id
ariefhart@gmail.com

personal-loan-200jt mengatakan...

salam kenal ...

saya : umar sani
alumni : th 1985

waktu itu guru2 nya pak hadi juritno,sukiman,sumitro,siswadi,ibu yanti,...duh cumaitu aja yang masih ingat..kep sek nya SOEHARNO..

kalau adayg masih ingat and satu angkatan pleasekontak ke sekarlangit_00@yahoo.com

kapan nihreuni akbarnya..????

cahyo adi nugroho mengatakan...

give thank to allah, berawal dari sekolah inilah saya bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, thanks to all my teachers in SMPM 3 CEPU, maju terus dan raih banyak prestasi.

Anonim mengatakan...

lumayan blognya, cuma domain jangan gratisan dong, sebesar smp3 sebagai sekolah unggulan, bisa sewa dong misal .com .net .org .go.id .co.id ...dll

Unknown mengatakan...

I LOVE SMP Negeri 3 Cepu
Aku tu paling suka pelajaran SBK,IPS,sama Prakarya..n' guru yg paling aku suka pak heri,bu endang susilowati,pak anam,pak khambali..orangnya santai..nggak terlalu serius,,

Posting Komentar